FAFIRRUU ILALLOH WA ROSUULIHI SAW !
I. 01.317 - "BAHASAN UTAMA - KULIAH WAHIDIYAH"
0049.01.317 - piagam ngadiluwih - Perihal mentalqin muhtadlor dengan tuntunan bacaan “Yaa Saiyyidi Yaa Rosulallah”
1. Masalah No. 7 :
Perihal mentalqin muhtadlor dengan tuntunan bacaan “Yaa Saiyyidi Yaa Rosulallah”.
ياسيدى يارسول الله
Ø Keputusan :
Mentalqin seorang muhtadlor (orang yang sedang dalam sakaratul maut) dengan tuntunan bacaan ياسيدى يارسول الله
Tidak bertentangan dengan maksud hadits ini :
لقنوا موتكم لاإله إلا الله
Tuntunlah orang yang sedang dalam sakaratul maut dengan bacaan
لاإله إلا الله
Karena tuntunan dengan bacaan ياسيدى يارسول الله sama halnya dengan menuntun dengan bacaan الله, الله, الله.
Dengan talqin الله, الله, الله kita menuntun muhtadlor secara langsung kepada Allah. Dengan talqinياسيدى يارسول الله kita mentalqin dengan bertawasul, kepada Rosulullah SAW.
Baik secara langsung maupun secara bertawasul, menurut hadits Nabi di bawah ini hukumnya sama :
قال صلى الله عليه وسلم : من ذكرنى فقد ذكر الله ومن أحبنى فقد أحب الله والمصلى عليّ ناطق بذكر الله (سعادة الدارين : 512)
وقال صلى الله عليه وسلم : يامحمد جعلتك ذكرا من ذكرى فمن ذكرك فقد ذكرنى ومن أحبك فقد أحبنى (سعادة الدارين : 512)
Selain itu tujuan perintah menalqin muhtadlor dengan لا إله إلا الله tidak lain agar si muhtadlor pada akhir hayatnya selalu ingat kepada Allah, sebagaimana yang termaktub dalam Kitab At Tadzkiratul Qurthubi halaman 11 :
لأن المقصود من التلقين أن يموت ابن آدم وليس فى قلبه إلا الله والمدار (اى مدار الحكم) على القلب وعمل القلب هو الذى ينظر فيه فيكون به النجاة واما حركة اللسان فإنما هى ترجمة عما فى القلب والا فلافائدة فيه (تذكرة القرطبى : 11)
Sedang bacaan tawasul ياسيدى يارسول الله yang disertai hati hudlur atau ingat kepada Rosulullah SAW itu sama hukumnya dengan bacaan langsung الله, الله, الله yang disertai hati hudlur atau ingat kepada Allah. Dalam kitab Sa’adatud Daroini halaman 509 di terangkan :
ومعلوم أن من ذاق لذة وصال المصطفى صلى الله عليه وسلم فقد ذاق لذة وصال ربه لأن الحضرة واحدة (سعادة الدارين : 506-507-509)
وهو صلى الله عليه وسلم حاضرنى ايّ مقام فيه يذكر بل دان (ترغيب ص 17)
ان من كان شأنه كثرة الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم يحصل له الشرف الأكبرلكونه صلى الله عليه وسلم يحضره عند سكرات الموت (سعادة الدارين : 518)
ان مستمد جميع الأنبياء الخ
فمن اعتقد ان النبي صلى الله عليه وسلم لاينفع بعد الموت بل هو كأحد الناس فهو الضآلّ المضل (صاوى جز :3 :161)
انه سيأتى عن قليل زمان إذا ذكر انسان النبي صلى الله عليه وسلم والإقتداء به فى جميع احواله ذموه ونفروا عنه واذلوه واهانوة (مجالس السنية : 87)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar