Minggu, 23 Maret 2014

0047.01.317 - piagam ngadiluwih - Perihal “menangis” pada waktu orang bermujahadah Sholawat Wahidiyah

FAFIRRUU  ILALLOH WA ROSUULIHI SAW !
I. 01.317 - "BAHASAN UTAMA - KULIAH WAHIDIYAH"

0047.01.317  -  piagam ngadiluwih - Perihal “menangis” pada waktu orang bermujahadah Sholawat Wahidiyah


5.      Masalah No. 5 :

Perihal “menangis” pada waktu orang bermujahadah Sholawat Wahidiyah.

Ø  Keputusan :

Menangis ketika seorang bertaubat, ketika mendengar atau membaca Al –Qur’an atau mendengarkan pengajian atau ketika bermujahadah Sholawat Wahidiyah dengan tak pandang 

tempat dan waktu dengan suara  keras sekalipun adalah perintah Agama.
y7Í´¯»s9'ré&z`ƒÏ%©!$#zNyè÷Rr&ª!$#NÍköŽn=tãz`ÏiBz`¿ÍhŠÎ;¨Y9$#`ÏBÏp­ƒÍhèŒtPyŠ#uäô`£JÏBur$oYù=yJymyìtB8yqçR`ÏBurÏp­ƒÍhèŒtLìÏdºtö/Î)Ÿ@ƒÏäÂuŽó Î)urô`£JÏBur$uZ÷ƒyyd!$oYøu;tGô_$#ur4#sŒÎ)4n?÷Gè?÷LÏiøn=tæàM»tƒ#uäÇ`»uH÷q§9$#(#ryz#Y£Úß$|Å3ç/ur)ÇÎÑÈ(مريم : 58)

58. mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, Yaitu Para Nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, Maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

عن أبي نجيح العرباض بن سارية رضى الله عنه قال وعظنا رسول الله صلى الله عليه وسلم موعظة وجلت منها القلوب وذرقت منها العيون الحديث (مجالس السنية : 85) وصح عن بعض الصحابة الصعق وكثرة التأوه البكاء الشديد والأضطرار والضرب على الأرض وامثال ذالك (جامع الأصول : 146).
أنه ينبغى للعالم أن يعظ أصحابه ويذكرهم بما ينفعهم فى دينهم ودنياهم لايقتصر لهم على مجرد الأحكام والحدود والرسوم إلخ (مجالس السنية : 85)
وفى الخبر : إذا استبكت الأصوات واختلفت اللغات واشار الخلق بالأكف إلى رب السموات واشتد البكاء وعلا النداء وظهر الحنين واشتد النين وانهملت العيون بأبلغ العبرات واخلصوا التوبة من سوء الموبقات اطلع الله جل جلاله فيقول ملائكتى إنى أثوق إلى دعائهم من الظمآن إلى الماء البارد (مجالس السنية : 85)
وقال صلى الله عليه وسلم : عمل السر افضل من عمل العلانية والعلانية افضل لمن اراد الإقتداء (رواه البيهقى عن ابن عمر)
وقال صلى الله عليه وسلم : ان عمل السر يضاعف علة عمل العلانية بسبعين ضعفا ويضاعف على عمل العلانية إذا استن به على عمل السر بسبعين ضعفا (رواه البيهقى عن أبي الدرداء)
ومر صلى الله عليه وسلم على أبي بكر رضى الله عنه ويخافت وسأله عن ذالك فقال : ان الذى أناجيه هو يسمعنى. ومر على رضى الله عنه وهو يجهر فسأله عن ذالك فقال : أوقظ الوسنان وأزخر الشيطان فقال صلى الله عليه وسلم : كلكم قد أحسن وأصاب (إحياء ج اول ص : 251)

يأيهاالناس أبكوا فإن لم تبكوا فتباكوا (رواه ابوداود)

(Wahai para manusia, menangislah kamu sekalian dan jika tidak bisa menangis usahakan bisa menangis !!!)

عينان لاتريان النار عين بكت من خشية الله وعين باتت تكلاء فى سبيل الله (رواه الطبرانى عن أنس)

(Dua jenis mata yang tidak akan disentuh api neraka : mata yang menangis dan gemetar oleh takutnya kepada Allah, dan mata yang semalam-malam tidak tidur di dalam sabilillah).

Sebaliknya, orang yang tertawa pada waktu bertaubat atau mendengar cerita-cerita dari Al-Qur’an dan tidak menangis, perbuatan itu dikecam oleh Allah. Dalam surat An-Najam, Allah menyindir :

ô`ÏJsùr&#x»ydÏ]ƒÏptø:$#tbqç7yf÷ès?ÇÎÒÈtbqä3ysôÒs?urŸwurtbqä3ö7s?ÇÏÉÈ÷LäêRr&urtbrßÏJ»yÇÏÊÈ(النجم : 59-61)

59. Maka Apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini?
60. dan kamu mentertawakan dan tidak menangis?
61. sedang kamu melengahkan(nya)?

قال على رضى الله عنه : إذا سمعتم العلم فكاظموا عليه ولاتخالطوه بهزل فتمجد القلوب (إحياء اول 68)
وفى الخبر مرفوعا : ان رجلا يتكلم بكلمة ما يريد بها إلا يضحك القوم يهوى بها بعد ما بين السماء والأرض (مجالس السنية : 37)

Dan sebuah Hadits Nabi :

من أذنب وهو يضحك دخل النار وهو يبكى (رزاه أبو نعيم عن ابن عباس)

(Barang siapa berbuat dosa dan dia tertawa, dia akan masuk neraka sambil menangis).

جمود العين من قسوة القلب وقسوة القلب من كثرة الذنوب (جامع الأصول)

(Mata yang membandel tidak bisa menangis adalah disebabkan dari hati yang keras. Dan hati yang  keras disebabkan dari banyaknya dosa).
Adapun yang menyebabkan menangis ada dua  perkara :

والجالب للبكاء شيئان : الخوف من الله والندم على ما سلف من التفريط والتقصير واعظم سببه المحبة (جامع الأصول 184)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar